06 April 2008

[media-sumut] kemiskinan dan iklan politik

halo....dari milis sebelah neh.....calon presiden mencoba mencari simpatik dengan isu kemiskinan neh....

Cuap-cuap
by : Ramadhan Pohan

ADA iklan mencolok separuh halaman di harian Kompas edisi 2 April 2008. Ditulis besar-besar sebagai iklan Wiranto yang sejak dini memang sudah mencalonkan diri jadi Capres 2009. Ia mengatakan, sekarang saatnya rakyat bicara kemiskinan. Rakyat disuruh ikut sayembara menulis tentang kemiskinan. Disebutkan di situ seolah bangsa ini lalui tahun demi tahun tanpa perbaikan. Dimanipulasi pula kemiskinan rakyat, yakni dengan menyebut ada ibu hamil dan balitanya mati kelaparan di Makassar. Sedangkan faktanya, Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengatakan, korban meninggal bukan karena kelaparan, melainkan karena diare akut. Ketika korban mau dibawa ke rumah sakit, Basse, sang korban, menolak. "Padahal, program pemerintah sudah membebaskan biaya atau gratis untuk pelayanan kesehatan,"kata Walikota Ilham. (Dikutip dari Sambung Hati 9949).

Apakah mau berbuat baik saja, begitu rumit dan mahalnya di Republik ini? Sehingga, untuk menolong orang miskin-jika betul memang niatnya begitu-harus provokatif dan bila perlu manipulasi data dan fakta? Harus keluarkan dana yang besar pula, dan ironisnya bukan dialokasikan untuk mengatasi problem kemiskinan atau menolong orang miskin sendiri.

Coba bayangkan. Bisa jadi habis semiliar rupiah dikeluarkan oleh Wiranto dan timnya hanya untuk biaya iklan dan bagi-bagi hadiah untuk membicarakan kemiskinan. Padahal, dengan uang semiliar, ada berapa rakyat miskin bisa dibantu, ada berapa ton beras bisa dibelikan untuk dibagikan kepada fakir miskin, ada berapa ribu anak SD bisa dibantu membeli buku dan perlengkapan sekolah. Dan seterusnya.



Selanjutnya:

http://www.jurnalnasional.com/?med=Blog&sec=Sosok%20dan%20Sketsa&rbrk=Jendela%20234&id=43301&detail=Sosok%20dan%20Sketsa __._,_.___

media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: