14 May 2008

[media-sumut] Festival Jajanan Bango "Serba 80"

Festival Jajanan Bango (FJB) kembali digelar di tiga kota, Surabaya (10 Mei), Bandung, dan akan di tutup di Jakarta selama dua hari. Tahun ini menjadi tahun istimewa bagi FJB mengingat penyelenggara festival ini, Kecap Bango, merayakan ulang tahun yang ke-80.
 
Memoria Dwi Prasita, Manajer Merek Bango, mengatakan bahwa tujuan FJB ingin memperkenalkan atau memopulerkan kembali makanan tradisional Indonesia. "Banyak sekali makanan indonesia yang menggunakan kecap," katanya dalam jumpa pers di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (8/5).
 
FJB yang telah diselenggarakan sejak 2005 mengalami peningkatan pengunjung dari tahun ke tahun. Tahun lalu, penyelenggaraan di empat kota (Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan) mendatangkan sekitar 225.000 orang. Tahun ini tempat penyelenggaraan lebih sedikit, namun Nurulita Novi Arlaida, External Communications Manager PT Unilever Indonesia, perusahaan induk kecap Bango, menargetkan pengunjung sama dengan tahun lalu.
 
Meskipun hanya dengan tiga kota, keistimewaan FJB tahun ini, menurut Memoria terletak pada konsepnya. Usia 80 yang Kecap Bango membuat penyelenggaraan kali ini serba delapan, 80 pedagang lokal di masing-masing kota, belum termasuk delapan Duta Bango dari luar kota yang selalu mengikuti FJB dari kota ke kota.
 
Para Duta Bango itu antara lain Ketoprak Ciragil (Jakarta), Nasi Bug Trunojoyo (Malang), Gudeg RM Adem Ayem (Yogyakarta), Tengkleng Bu Edi (Solo), Kupat Tahu Gempol (Bandung), Soto Udang RM Rinaldy (Medan), Tutug Oncom Saung Kiray (Bogor), Coto Daeng Muchtar (Makassar), dan Rawon Dengkul Nguling (Surabaya).
 
Selain mereka, ada beberapa peserta lama yang pernah mengikuti festival ini dipanggil kembali. "Yang jelas, pedagang yang kita undang ini selalu menjadi aikon makanan tradisional di kota masing-masing," kata Novi.
 
Kecap Bango menjadi bagian dari Unilever sejak 2001. Sebelumnya, kecap Bango merupakan industri rumahan yang berasal dari Tangerang dan menjadi kecap lokal favorit di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. (mil)
 
 
Sinar Harapan - Jumat, 09 Mei 2008
 
__._,_.___

media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: