19 June 2008

[media-sumut] Departemen Sosial RI akan menggelar Padma Award 2008

 

Siaran Pers

Departemen Sosial RI akan menggelar Padma Award 2008

Jakarta, 20 Juni 2008 - Sebagai bentuk ungkapan terima kasih Pemerintah Republik Indonesia kepada masyarakat yang berpartisipasi dalam usaha kesejahteraan sosial (UKS) dengan kegiatan penyelenggaraan Undian Gratis Berhadiah (UGB) dan Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) yang hasilnya mendukung pelaksanaan pembangunan di bidang kesejahteraan sosial, pada tahun ini Departemen Sosial akan memberikan penghargaan Padma Award. Penghargaan yang telah dilengkapi izin Menteri Sosial RI pada tahun 2006-2007 ini dianugerahkan kepada masyarakat yang selama ini telah berpartisipasi dalam usaha kesejahteraan sosial  tersebut .

"Pemberian penghargaan Padma Award ini dimaksudkan untuk memotivasi masyarakat agar lebih meningkatkan partisipasinya dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di bidang kesejahteraan sosial yang harus berjalan secara terus menerus dan berkesinambungan," tutur Mochamad Helmi, Direktur Pengumpulan dan Pengelolaan Sumber Dana Sosial (PPSDS) Departemen Sosial.

"Masalah kesejahteraan sosial dirasakan semakin kompleks, baik sebagai dampak dari adanya krisis ekonomi di Indonesia, kuatnya terpaan permasalahan global,  terjadinya musibah bencana alam dan sosial di berbagai daerah maupun diakibatkan oleh faktor kemiskinan, kecacatan tubuh dan mental, keterlantaran dan tuna wisma, korban tindak kekerasan dan eksploitasi, serta masalah sosial lainnya," papar Helmi.

Menurut Helmi, partisipasi masyarakat dalam UKS melalui kegiatan penyelenggaraan UGB dan PUB mempunyai arti yang sangat penting dalam rangka mendukung terhadap pelaksanaan pembangunan di bidang kesejahteraan sosial, mengingat kompleksitas permasalahannya membutuhkan biaya yang cukup besar dalam penanggulangannya. "Dengan demikian, maka sudah selayaknya Pemerintah dalam hal ini Departemen Sosial memberikan penghargaan Padma Award sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi," jelasnya.

Penghargaan Padma Award diberikan kepada masyarakat para penyelenggara UGB dan PUB yang melaksanakan kegiatannya pada tahun 2006-2007 dan memperoleh izin dari Menteri Sosial RI serta lolos dalam penilaian Tim yang melakukan seleksi berdasarkan kriteria sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Bantuan dan Jaminan Sosial Nomor: 65/BS.08.04/III/2008 tentang Kriteria Penghargaan Padma Award Tahun 2008.

Kriteria tersebut menjadi dasar acuan bagi tim penyeleksi dalam melakukan penilaian terhadap calon penerima penghargaan Padma Award yaitu para penyelenggara UGB dan PUB baik di pusat maupun di daerah yang diusulkan oleh Dinas/Instansi Sosial Provinsi yang sebelumnya telah diuji sahih secara langsung di lapangan.

Dalam penentuan para calon penerima penghargaan Padma Award oleh Tim penyeleksi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, dilakukan secara selektif agar tepat sasaran dan diharapkan para penyelenggara UGB dan PUB yang menerima Penghargaan Padma Award Departemen Sosial tahun 2008 ini adalah masyarakat yang telah berpartisipasi dalam usaha kesejahteraan sosial untuk kategori terbaik.

Penerima Penghargaan Padma Award Departemen Sosial tahun 2008 ini akan diberikan piagam yang ditandatangani oleh Menteri Sosial RI dan Trofi, yang akan diserahkan secara langung oleh Menteri Sosial RI pada puncak acara yang dihadiri beberapa tamu undangan khusus, termasuk para selebritis Indonesia yang peduli pada permasalahan sosial. Puncak acara penyerahan penghargaan Padma Award tersebut akan dilaksanakan pada hari Selasa, 24 Juni 2008 di Hotel Borobudur Jakarta.

Sekilas tentang Padma Award

Istilah Padma diambil dari sebuah nama bunga dalam bahasa Sanskerta yaitu Teratai. Di samping bentuk dan warnanya indah dan tumbuh berkembang di permukaan air, bunga Teratai juga tahan terhadap berbagai goncangan serta mempunyai nilai filosofis yang tinggi. Bunga ini menjadi simbol resmi Departemen Sosial.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan hubungi:

Radityo Djadjoeri

Konsultan

Telp: 0817-9802250

E-mail: mediacare@cbn.net.id

 

__._,_.___

media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: