08 August 2008

[media-sumut] Gelapkan Dana UN, Kadis Dik Sumut 'Bakal' Di Adili

Terkait Korupsi Dana UN, JPU Susun Dakwaan Taroni Hia

Medan-BERKAS
perkara dugaan korupsi di Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Utara (Sumut) dana Ujian Nasional (UN) yang dilakukan oleh Kadisdik Sumut Taroni Hia yang merugikan negara sebesar Rp 1,5 miliar kini telah ditangani oleh jaksa penuntut umum (JPU), dan saat ini dalam persiapan atau penyusunan surat dakwaan, ungkap Kasipenkum/Humas Kejatisu Edi Irsan Tarigan di gedung Kejatisu Jalan AH Nasution, Medan, Jumat (8/8).

"Penyerahan berkas- berkas tanggungjawab tersangka dan barang bukti oleh jaksa penyidik kepada jaksa penuntut telah dilakukan kemari (7/8)," katanya.

Sebelum dilimpahkan ke pengadilan, berkas dugaan korupsi yang dilakukan Taroni Hia ini diperiksa oleh enam orang jaksa dari Kejaksaan Negeri Medan, M Alinafia Saragih, Halila Purnamasari, Lila Nasution, Fitri Sumarni, Ahmad EP Hasibuan dan D Oktario Hutapea, dan kini sedang melakukan pemberkasan untuk dilimpahkan ke pengadilan. "Saat ini, JPU sedang mempersiapkan, menyusun surat dakwaan. Kalau surat dakwaan telah selesai, akan dilimpahkan ke Pengadilan," tandasnya.

Mengenai kapan dakwaan kepad kepala dinas Pendidikan Nasional Sumatera Utara itu dilimpahkan, Edi Irsan tidak bisa memberikan kepastian, alasanya penyusunan tersebut tetap dilakukan secara tepat. ", Pemberkasan tersebut akan dilakukan secara profesional, namun mengenai waktu, belum bisa ditetapkan," tegas Edi.

Sebagaimana diketahui, dugaan korupsi dana penyelenggaraan UN untuk SMP, MTS (Madrasah Tsanawiyah), MA (Madrasah Aliyah), SMA dan SMK tahun ajaran 2006-2007 dengan total senilai Rp7,5 miliar dari APBN tahun 2006-2007 yang diduga dikorupsi tersangka Taronia Hia dan bendaharanya Disdik Sumut, Manahan Pandiangan (Telah meniggal-Red). Temuan itu diketahui setelah di Audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dari hasil audit dalam kasus ini, negara dirugikan sebesar 1,5 miliar

 


Send instant messages to your online friends http://au.messenger.yahoo.com __._,_.___

media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: