14 August 2008

[media-sumut] Ribuan Napi di Sumut Peroleh Remisi



Ribuan Napi di Sumut Peroleh Remisi
 
Medan -SEBANYAK 8,361 orang narapidana di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendapatkan pengurangan masa tahanan pada peringatan hari kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Hukum dan HAM (Kumham) Sumut, Sihabudin kepada wartawan di Medan pada Kamis, (14/8).
 
"Pemberian remisi tersebut merupakan pelaksanaan terhadap Keputusan Menteri nomor 174 tahun 1999 tentang pelaksanaan remisi," kata Sihabudin.
 
Lebih lanjut, Sihabudin mengatakan bahwa jumlah napi di Sumut yang mendapatkan remisi pada tahun 2008 ini mengalami pengurangan. Pada tahun 2007 lalu, remisi diberikan kepada 8,378 orang napi. Pengurangan jumlah tersebut disebabkan dari berkuranganya jumlah penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).
 
Pada tahun 2007 jumlah penghuni lapas di Sumut berjumlah 9,102 orang sedangkan pada 2008 berjumlah 9,005 orang napi. Dengan demikian, penerima remisi di Sumut mencapai 92,85 persen. Jumlah tersebut terdiri atas 804 orang napi mendapat remisi umum bebas, artinya pada tanggal 17 Agustus nanti yang bersangkutan langsung bebas menghirup udara diluar penjara.
 
Sedangkan jumlah terbesar merupakan napi yang memperoleh remisi umum sebagian sebanyak 7,468 orang. Dan sebanyak 89 orang napi memperoleh remisi tambahan sebagian. Jumlah napi yang mendapatkan remisi tersebut tersebar pada 35 Lapas, Rutan serta Cabang Rutan yang tersebar diseluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumut.
 
Dari sebanyak 15,054 orang napi yang ada, tidak seluruh napi yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap yang berhak mendapakan remisi. Bagi napi yang mendapatkan vonis pidana mati serta tahanan seumur hidup tidak berhak mendapatkan remisi tersebut. Saat ini terdapat 5 orang terpidana mati yang masih mendekam di dalam lapas karena masih melakukan upaya hukum berupa kasasi.
 
Masing-masing Yofanoso Laia alias Ama alias Yupi, Nasib Purba alias Boy alias Purba, Ronald Sagala, Andi Tiano alias Abok Cina, Fatijanolo Laia. Sedangkan napi yang mendapatkan vonis seumur hidup saat ini terdapat 18 orang, masing-masing 16 orang napi pria serta 2 napi wanita.

We have the leading experts share advice, tips, and personal experiences - Yahoo!Xtra Health __._,_.___

media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: