12 August 2008

[media-sumut] sidang mantan anggota dprdsu

Gelapkan !,3 M, Mantan Anggota DPRDSU di Sidangkan

 

Medan-Setelah hamper 3 jam lebih akhirnya sidang perkara penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh mantan anggota DPRD SU Victor M Simamora dibuka oleh hakim ketua Dolman SH dihadapan JPU Hatopma SH, Selasa (12/8).

Sayangnya, meski telah menunggu lama tampa kepastian yang jelas, sidang itu tak jadi digelar dengan alas an hakim ingin mendengarkan keterangan saksi korban yakni Mr Lie, warga Koreaa.

"Karena sidang kita memasuki tahap mendengarkan keterangan saksi korban maka saya minta agar JPU bias menghadirkan korban dipersidangan, jika bellum bias maka kita tunda sidangnya hingga pecan depan," ujar Dolman SH tampa meberi celah bagi siapa pun untuk membantah kata-katanya.

Mendengar hal itu, dengan nada kesal dan langkah gotai pun meninggalkan ruangan sidang sambil berkata," ini yang ke 10 kalinya sidang saya ditunda. Dan itu terjadi setelah saya pakai kuasa hokum,rasanya kok ya bertele-tele, kalau memang saya bersalah ya buktikan lah, jangan dipendam-pendam seperti mencari celah untuk menzolimi saya,saya sudah cukup mederita selama ini, mana dia berkas yang menyatakan saya bersalah, mana BAP kepolisianya,asal tau saja semua itu palsu, dan saya sudah melaorkan tindakan aparat kepolisian yang telah memalsukan tanda tangan saya dan pengacara saya ke Propam Poldasu, dan itu akan kita bilangkan ke persidangan biar jelas semua, siapa yang salah dan siapa yang benar, cukup sudah penderitaan saya mendekam di penjara selama 81 hari tampa kepastian hokum yang jelas, sekarang saatnya saya kasi tau semua orang kalau saya tidak bersalah,kalau memang saya salah, kenapa orang yang ngakunya korban melalui pengacaranya mendatangi saya untuk minta damai, begitu juga dengan polisi yang memeriksa dan memalsukan tanda tangan saya, bagi saya itu semua bull sid!!! Saya akan balas semua perbuatan mereka kepada saya," ujar Victor didampingi oleh pengacaranya Martin SH.

pada persidangan sebelumnya diketehui bahwa terdakwa Drs Victor M Simamora penduduk Jalan Sei Simare didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum Hatopma SH telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan terhadap korban Mr Lie warga negara Korea.
Perbuatan terdakwa bermula dengan pertemuannya dengan korban di awal tahun 2007 yang diprakarsai pendeta Zhang juga warga negara Korea. Dalam pertemuan itu Mr Lie selaku pimpinan PT Internasional Agro Multy Lestari yang berkantor di perumahan Royal Sumatera Medan, menyampaikan rencananya untuk menanamkan devisa disektor agrokultural (pertanian), dimana terdakwa diminta mencarikan lahan tanah yang strategis untuk usaha tersebut.
Terdakwa mengaku menyanggupi untuk mendapatkan lahan seluas 200 hektar yang cocok untuk usaha pertanian tersebut, dan untuk pengurusan surat-suratnya terdakwa selaku mantan anggota DPRD mengaku banyak punya kenalan yang bisa membantu dalam penerbitan surat-surat berkaitan dengan administrasi maupun izin dari pihak yang berwenang.

Tertarik dengan penampilan terdakwa dan kata-kata yang cukup meyakinkan itu, maka korban mengirimkan dana kepada terdakwa melalui transper kerekening terdakwa sebesar Rp.500 juta dan beberapa hari kemudian menyusul ditansper lagi sebesar Rp.800 Juta.

Setelah mengirimkan uang tersebut, korban coba konsultasi dengan relasinya yang bermukim di Jakarta tentang rencana pembelian tanah guna membuka usaha agrokultural tersebut.
Dan dari konsultasi via telefon ini, diketahuinya kalau warga negara asing tidak diperbolehkan memiliki tanah di Indonesia, sehingga terpaksa dirobah rencana membeli tanah tersebut dengan status Hak Guna Usaha (HGU).
Ternyata sampai awal tahun 2008, apa yang dijanjikan terdakwa tentang penyediaan lahan tersebut tak kunjung terealisasi termasuk pengurusan HGU, sehingga korban yang merasa dikibuli mengadukan terdakwa ke Poltabes.

Akibat perbuatan tindak pidana penipuan dan penggelapan ini, korban menderita kerugian sebesar Rp.1,3 Miliar. Dan perbuatan terdakwa diancam pidana melanggar pasal 372 KUHP dan 378 KUHP.

 


Send instant messages to your online friends http://au.messenger.yahoo.com __._,_.___

media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: