14 November 2008

[media-sumut] Beassiswa Liputan Independensi Media

Dear All

info ini dapat di akses di http://www.vhrmedia.com/vhr-corner/lowonganbeasiswa.php

langsung aja browsing ksna. mana tau ada yang pingin ikutan

 

salam

andy

 

 

Beassiswa Liputan Independensi Media

18 November 2008

BEASISWA LIPUTAN
Independensi & Profesionalisme Media 2008
 
Kode Etik Jurnalistik menempatkan independensi sebagai prinsip pertama yang harus dimiliki jurnalis, juga media, dalam menjalankan profesi ini. Sebagai mata dan telinga masyarakat, sikap independent jurnalis dan media sangat penting agar publik bisa mengambil tindakan berdasarkan informasi yang betul-betul obyektif, bukan dari informasi yang lahir karena keberpihakan jurnalis dan media terhadap kepentingan kelompok tertentu – apakah itu kepentingan pemilik media atau pemasang iklan.
 
Sikap profesional juga tak kalah penting bagi jurnalis dan media. Adanya Kode Etik Jurnalistik, sebagai bagian dari etika profesi, sejatinya diharapkan dapat menjadi panduan bagi jurnalis dalam menjalankan profesinya, dan media saat mengoperasionalkan medianya. Salah satu sikap professional yang disebut tegas dalam kode etik adalah tak menyalahgunakan profesi dan tak menerima suap. Prinsip-prinsip penting ini memang merupakan soal yang menjadi kepedulian -–kalau bukan keprihatinan-- komunitas media setelah era Orde Baru.
 
Tantangan yang dihadapi media saat ini relatif berbeda dengan di masa Orde Baru. Negara, yang di masa lalu merupakan momok penting bagi kebebasan pers melalui sensor dan pembredelan, kini tak seperkasa dulu. Namun, ancaman sensor dan intervensi tak lantas menghilang. Saat ini, sensor itu bisa datang dengan cara dan oleh pelaku yang berbeda. Salah satunya adalah dari pemasang iklan dan pemilik media. Inilah yang menjadi salah satu tantangan besar bagi independensi dan profesionalisme media saat ini.
 
Oleh karena itu, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bekerjasama dengan Yayasan Tifa (Tifa Foundation) mengundang jurnalis seluruh Indonesia mengikuti program Beasiswa Liputan bertema "Independensi dan Profesionalisme Media 2008". Kegiatan ini akan membuat liputan yang berkaitan dengan praktik-praktik di media yang tak mencerminkan independensi dan profesionalisme media. Kegiatan ini akan dipandu sejumlah wartawan senior, yang hasilnya akan diterbitkan dalam bentuk buku.
 
Syarat pendaftaran:
 
* Peserta adalah jurnalis full time/freelance
* Pengalaman minimal 2 tahun
* Mengirimkan Biodata/CV
* Surat referensi dari sesama jurnalis
* Satu contoh karya jurnalistik non-straight news
* Mengisi form Usulan Liputan (form bisa diunduh di www.ajiindonesia.org)
 
Program ini hanya tersedia bagi 15 ( lima belas) orang jurnalis. Seleksi dilakukan  berdasarkan ide liputan, informasi awal, dan perencanaan liputan. Peserta yang lolos seleksi akan mendapat pelatihan di Jakarta, serta mendapatkan biaya untuk liputan. Lamaran dikirimkan ke AJI Indonesia dengan perihal:
 
Beasiswa Liputan "Independensi dan Profesionalisme Media 2008"
melalui pos ke alamat:
Jl. Kembang Raya No.6 Kwitang, Senen – Jakarta Pusat 10420,
Telp. 021-3151214 Faks. 021-3151261 atau email ke : sekretariat@ajiindonesia.org,
sekretariatnya_aji@yahoo.com
Paling lambat tanggal 18 November 2008 (stempel pos).



New Email addresses available on Yahoo!
Get the Email name you've always wanted on the new @ymail and @rocketmail.
Hurry before someone else does! __._,_.___

media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: