19 December 2008

[media-sumut] Fatwa Haram Golput Tak Bakal Ampuh

Fatwa Haram Golput Tak Bakal Ampuh
PADA 2004, ketika Megawati maju sebagai capres, beberapa ulama berlomba-lomba mengeluarkan pendapat bahwa memilih capres wanita haram hukumnya. Bahkan, ada ulama yang menantang berdebat.. Anehnya, ketika pada 2008 Khofifah mencalonkan diri sebagai cagub Jawa Timur, semua ulama bungkam.

Sekarang muncul wacana lagi, agar ada fatwa, bahkan kalau bisa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahwa golput itu haram hukumnya. Banyak orang bersikap golput. Antara lain karena sakit, harus mencari nafkah, ada anggota keluarga yang meninggal, mendapat kecelakaan lalu lintas, tidak terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT), tidak mendapat surat panggilan ataupun kartu pemilih, lupa, dan secara fisik tidak mampu menuju ke tempat pemungutan suara (TPS). Ada juga golput karena sengaja, malas, pesimistis, tidak ada caleg atau calon pemimpin yang cocok, dan masih banyak penyebab golput lainnya.

Karena penyebab golput banyak, fatwa golput haram tidak bisa diberlakukan untuk semua jenis golput. Lagi pula, walaupun ada sejuta fatwa golput haram, angka golput tetap tinggi.

Hariyanto Imadha, Jl AIS Nasution 5, Bojonegoro (e-mail:indodata@yahoo.com)
http://jawapos.com/
   Salam
Abdul Rohim

__._,_.___

media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: