23 December 2008

[media-sumut] Survei Reform Institute, Penggemar Dangdut dan Pop Favoritkan SBY

Survei Reform Institute, Penggemar Dangdut dan Pop Favoritkan SBY
Apa hubungan penggemar musik dengan pemilihan presiden? Reform Institute melakukan survei dengan cara melihat tingkat keterpilihan capres lewat musik yang digemari pemilih.

Cara itu dianggap bisa memotret karakteristik pemilih dari latar belakang kultural. Awalnya para responden ditanya tentang selera musik mereka. Dari selera musik tersebut, lantas ditanya capres favoritnya. Hasilnya menarik. Ternyata SBY digemari seluruh kalangan lapisan masyarakat. Yakni, penggemar musik dangdut dan pop.

Di antara 2.500 responden yang disurvei, 38,36 persen menggemari musik dangdut. Pencinta musik pop 34,56 persen. Penggemar kesenian atau lagu daerah hanya 6,76 persen. Penggemar nasyid dan campur sari masing-masing tiga persen. Artis dangdut yang paling digemari masih Rhoma Irama dengan Soneta Band-nya. Bang Roma digemari 14,04 persen responden. Itu jauh meninggalkan band pop Ungu dan Peterpan yang hanya digemari 5,88 persen dan 2,92 persen responden.

Apa hubungannya dengan popularitas capres? Reform Institute menanyakan para penggemar musik dangdut dan pop tentang capres favorit mereka. Hasilnya, 41,01 persen penggemar dangdut memilih SBY. Angka yang hampir sama, yakni 41,46 persen penggemar musik pop, juga memfavoritkan SBY.

Jauh berbeda dengan para pemilih Megawati Soekarnoputri. Hanya 17,22 persen penggemar dangdut memilih Megawati. Sementara itu, hanya 21,95 persen penggemar musik pop yang memilih Mega. Disusul Prabowo yang digemari 9,36 persen penggemar dangdut. ''Ini menunjukkan bahwa penetrasi iklan politik sudah masuk ke kelompok masyarakat penggemar musik dangdut, yang kebanyakan berada di pedesaan,'' tandas Yudhi Latif, peneliti senior Reform Institute.

Data survei itu dikumpulkan selama 13-25 November 2008 dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error sekitar 1,96 persen. (cak)
http://jawapos.com/

   Salam
Abdul Rohim

__._,_.___

media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: