09 February 2009

[media-sumut] AJI Medan Minta Dewan Pers Proaktif Soal Kasus SIB

Siaran Pers AJI Medan soal Harian SIB dalam pemberitaan Protap

Medan, 8 Februari 2009

Salam Kemerdekaan Pers
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan mengutuk keras tragedi unjukrasa Protap berdarah pada Selasa 3 Februari 2009 di Gedung DPRD Sumut hingga meninggalnya Ketua DPRD Sumut Drs H Abdul Aziz Angkat serta mencederai beberapa orang lainnya. AJI meminta kepada aparat kepolisian Sumatera Utara untuk mengusut peristiwa ini dan membawa para pelakunya ke pengadilan.

Peristiwa ini ternyata berbuntut pada gelombang unjurasa yang menuntut Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) ditutup. Aksi-aksi ini menilai Harian SIB tidak professional dan provokatif khususnya dalam pengemasan berita-berita mengenai Provinsi Tapanuli (Protap). Harian SIB dinilai sebagai pemicu aksi anarkis karena telah menebar berita-berita bohong dan provokatif. Untuk itu, agar terhindar dari polemik berkepanjangan dan tetap menjaga arus kebebasan pers yang berkeadilan dan bertanggungjawab sesuai amanah UU Pers Tahun 1999, AJI Medan menyarankan/meminta:

1.    Bahwa, Dewan Pers sebagai dewannya publik yang seyogyanya melindungi hak-hak masyarakat dari tindakan-tindakan pers yang berlindung dibalik konsep kemerdekaan pers; agar segera proaktif membentuk tim investigasi khusus untuk menilai dan memberikan sanksi atau rekomendasi dalam menyelesaikan kasus ini.
2.    Rekomendasi atau keputusan Dewan Pers harus segera diumumkan kepada publik sehingga tidak terjadi polemik apakah Harian SIB telah menjadikan media pers yang semestinya sebagai media ranah publik yang netral untuk memberikan informasi yang tepat, akurat dan benar, telah disalahgunakan sebagai media propaganda untuk kepentingan kekuasaan pribadi, golongan atau partai politik tertentu.
3.    Bahwa, kepada semua pihak untuk tetap menghormati serta menaati UU tentang Pers No. 40 Tahun 1999 dan tetap menyelesaikan persengketaan pers sesuai dengan aturan dan mekanisme yang telah tersedia.
4.    Bahwa, agar semua masyarakat meletakkan serta memilah kasus SIB secara profesional dan proporsional antara persoalan persengketaan pers dengan persoalan kepentingan politik perorangan pemilik media agar hal tersebut tidak menimbulkan bias korban kepada media serta insan pers lainnya yang masih memiliki idealisme dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya.

Demikian pernyataan ini kami terbitkan sebagai upaya melindungi kemerdekaan pers dari campur tangan pihak lain serta untuk pengembangan kehidupan pers yang berkeadilan dan bertanggungjawab.

Hormat kami,

Medan 9 Februari 2009


(Onny Kresnawan)
Kordiv. Advokasi AJI Medan
Jl. Bahagia No.29 Kel. Sukaraja Medan-20158
Telp. (061) 456-2433
HP. 081375739518
Insiden Protab Berdarah, Klik Bawah Ini!
http://www.youtube.com/watch?v=M39jQ6aDXo4


Nama baru untuk Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail.
Cepat sebelum diambil orang lain!

__._,_.___


media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: