11 February 2009

[media-sumut] Historical Exhibition Buat Mayor Tjong A Fie

Historical Exhibition Buat Mayor Tjong A Fie

 

Ada satu lintasan peristiwa tempo dulu ketika Medan berkembang sebagai kota urban seperti sekarang ini yang hendaknya jangan dilupakan begitu saja oleh generasi muda. Yakni mengenai tokoh pembauran dan seorang dermawan yang tiada taranya Tjong A Fie.

 

Walaupun sudah genap 88 tahun Tjong A Fie meninggal namun kejeniusan beliau dalam membangun kota Medan dengan memadukan kekuatan politik dan ekonomi tidak akan lekang oleh ingatan kolektif masyarakat yang mencatat besarnya kontribusi yang telah diberikan Tjong A Fie dalam pembangunan di daerah Sumatera Timur.

 

Tepat 4 Februari 1921 Tjong A Fie meninggal dunia akibat apopleksia atau pendarahan otak. Namun sebagian sumber menyebutkan resesi perekonomian sehabis perang dunia I yang menyebabkannya, karena ia harus memikirkan 10.000 karyawan yang berada diberbagai perusahaan yang dia miliki seperti perkebunan, perhotelan, bank, pertambangan, pabrik minyak sawit dan perusahaan kereta api. Pada saat itu hampir semua bahan komoditi ekspor andalannya pada anjlok di pasar dunia.

 

Seluruh kota Medan gempar dan turut berkabung, ribuan orang pelayat datang berduyun-duyun bukan saja dari kota Medan tetapi dari berbagai kota di Sumatera Timur, Aceh, Padang, Penang, Malaysia, Singapura dan Pulau Jawa. Upacara berlangsung satu bulan lebih dengan kemegahan dan penuh kebesaran sesuai dengan tradisi dan kedudukannya pada masa itu sebagai seorang pemimpin yang dihormati dan dicintai. 28 Maret 1921 Alm. Tjong A Fie diantar ke tempat peristirahatan terakhir di kompleks pemakaman keluarga di Pulau Brayan yang jauhnya10 Km dari kediaman di Kesawan. Lautan manusia mengatarkan kepergiannya. Sangkin ramainya masyarakat yang menyatakan belasungkawa sampai-sampai iringan pengantar yang terdahulu sudah sampai di Pulau Brayan, buntutnya masih berada di Kesawan.

 

Rumah Tjong A Fie yang terletak di jalan Jendral A. Yani No. 105 sampai sekarang tetap dengan bentuk Tempoe Doeloe dan dalam kondisi baik. Untuk mengenang Alm. Tjong A Fie pihak keluarga dan The Tjong A Fie Memorial Institute bekerjasama dengan Pemerintah Tk.I dan Tk. II telah mempersiapkan penyelenggaraan Historical Exhibition yang bertemakan PERANAN TJONG A FIE DALAM PEMBANGUNAN DI SUMATERA dan mengajak masyarakat untuk menyaksikan pameran tersebut dalam waktu dekat ini. Bentuk pameran yang telah dipersiapkan diantaranya adalah pembukaan Tjong A Fie Mansion kepada publik, pameran photo-photo sejarah sejarah perjalanan Tjong A Fie dan keluarga, museum dan gallery Tjong A Fie, pameran masakan kuliner peranakan, serta bazaar.


Office Contac : 061-4531049



__._,_.___


media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: