10 February 2009

[media-sumut] Pernyataan Dewan Pers tentang SIB dan Aksi Kekerasan di Medan

Pernyataan Dewan Pers tentang Harian  Sinar Indonesia Baru dan Aksi Kekerasan di Medan

Dewan Pers merasa prihatin atas aksi unjuk rasa pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap), pada 3 Februari 2009, yang mengakibatkan kematian Ketua DPRD Sumatera Utara Drs. H. Abdul Aziz Angkat. Tragedi tersebut menyulut aksi masyarakat yang menuntut agar Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) dibredel. Harian SIB dianggap menjadi corong pihak pendukung Protap dan turut memicu aksi kekerasan melalui pemberitaan yang provokatif. Dewan Pers perlu menyampaikan hal-hal berikut untuk menjadi perhatian aparat hukum dan masyarakat umum.


Tragedi akibat unjuk rasa Protap di Medan hendaknya tidak menggoyahkan komitmen aparat dan masyarakat untuk tetap menjunjung kemerdekaan pers. Dewan Pers mengecam keras penyalahgunaan pers untuk kepentingan propaganda politik, namun menolak pembredelan pers karena bertentangan dengan UU No.40/1999 tentang Pers.

Kasus yang terkait dengan penyalahgunaan atau pelanggaran etika pers, yang dituduhkan terhadap Harian SIB hendaknya diselesaikan melalui mekanisme seperti diatur dalam UU Pers. Dewan Pers sedang melakukan kajian atas pemberitaan Harian SIB dan dugaan keterlibatan sejumlah pengelola harian tersebut, dan segera akan mengeluarkan penilaian dan rekomendasi atas persoalan tersebut.


Aparat dan masyarakat diharapkan dapat lebih proporsional dalam melihat kaitan  tragedi kekerasan unjuk rasa di Medan dengan dugaan penyalahgunaan pers sebagai sarana propaganda. Kekerasan yang terjadi di Medan diharapkan tidak melahirkan kekerasan baru serta tidak memunculkan ancaman bagi kemerdekaan pers.


Jakarta, 10 Februari 2009


Prof. Ichlasul Amal, M.A.



Pemanasan global? Apa sih itu?
Temukan jawabannya di Yahoo! Answers!

__._,_.___


media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: