12 April 2009

[media-sumut] Re: Ketua RT Diskriminatif Mengakibatkan Saya Tidak Ikut Memilih



Tulisan ini adalah salah satu contoh soal DPT yang bisa mengakibatkan kekisruhan dan konflik antar warga RI di lingkungan terkecil yaitu RT/RW.
 
salam,
 
 
Radityo Djadjoeri
juga tidak terdaftar dalam DPT
 
My Facebook:
Radityo Indonesia
Mediacare Indonesia
 
 
----- Original Message -----
Sent: Thursday, April 09, 2009 9:09 AM
Subject: [media-jatim] Fw: Pers Release: Ketua RT Diskriminatif Mengakibatkan Saya Tidak Ikut Memilih

Pers Release

Ketua RT Diskriminatif Mengakibatkan Saya Tidak Ikut Memilih

Venny Damanik*)

 

 

Saya sangat kecewa karena saya tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu legislatif kali ini. Hal ini terjadi bukan karena saya tidak aktif mempertanyakannya kepada ketua RT tempat saya tinggal. Beberapa kali saya menanyakan ketua RT bernama Victor Senduk itu mengenai kartu pemilih saya, tetapi berkali-kali pula beliau selalu menjawab bahwa untuk Pemilu kali ini tidak ada kartu pemilih, dengan menunjukkan KTP saja di TPS, itu sudah cukup.

 

Pada hari Selasa 6 April 2009, semua penghuni rumah tempat saya tinggal baru mendapat surat pemberitahuan waktu dan tempat pemungutan suara (Model C4). Saya heran karena tidak menerima Model C4. Kemudian keesokan harinya saya menanyakannya kepada Victor Senduk dan dia mengatakan bahwa saya tidak masuk DPT jadi tidak boleh ikut memilih. "Sudah demikian dari KPU," katanya. Lalu saya komplain dengan alasan bahwa saya sudah beberapa kali menanyakan hal itu kepada Victor Senduk. Saya sangat terkejut karena menanggapi komplain saya tersebut, Victor Senduk berkata,"Mbak, saya paham, tapi mbak kan bukan orang sini." Berkali-kali Victor Senduk menyebutkan kata-kata "bukan orang sini" kepada saya.

 

Kemudian saya cek nama saya di KPPS kelurahan dan benar bahwa tidak menemukan nama saya di DPT. Ketua KPPS kelurahan Kwitang bernama Dadang mengatakan bahwa sudah demikian dari KPU. Saya pun menemui bagian DPT KPU DKI Jakarta dengan mengatakan bahwa saya ingin memilih pada tanggal 9 April namun seorang bernama Jamal dengan jawaban berbelit-belit mengatakan bahwa dia tidak dapat memberikan hak pilih kepada saya dengan alasan takut melanggar undang-undang. Ketika saya pertanyakan mengapa saya tidak masuk DPT, dengan jawaban berbelit-belit pula Jamal dan teman-temannya mempersalahkan saya dengan mengatakan bahwa mereka sudah dari tahun lalu mengumumkan daftar pemilih.

 

Saya tidak paham arti pernyataan "bukan orang sini" tersebut, yang dilontarkan Victor Senduk, namun yang saya dengar, ketika saya ngotot soal nama saya tidak ada di DPT, dia selalu mengatakan "kamu bukan orang sini". Saya merasa diperlakukan sangat diskriminatif dengan pernyataan "kamu bukan orang sini" tersebut karena saya resmi mengantongi KTP yang menunjukkan bahwa saya adalah warga yang sah dari jalan Kembang Raya No. 11 RT 007/RW 004 kelurahan Kwitang Senen Jakarta Pusat. Saya mengatakan kepada Victor Senduk bahwa dia tidak layak jadi ketua RT, kemudian dia mengusir saya dan berteriak,"Pergi kamu! Bukan orang sini juga!"

 

Saya heran mengapa Victor Senduk yang pada tahun 2007 terpaksa saya beri uang Rp 150.000,- untuk membuat KTP saya, berani mengatakan "bukan orang sini" padahal saya penduduk resmi di RT dimana dia menjadi ketua. Saya juga mencurigai bahwa dia telah membuatkan KTP tembak kepada saya. Soalnya tadi pagi ketika saya memaksakan untuk memilih di TPS 14 RT 007/RW004 kelurahan Kwitang, ketua RW mengatakan bahwa kode KTP saya bukan kelurahan Kwitang, padahal setiap saya pindah, secara resmi saya selalu meminta surat pindah dari ketua RT dimana saya bertempat tinggal sebelumnya dan memberikannya kepada ketua RT di tempat tinggal saya yang baru sebagai syarat untuk mendapatkan KTP yang baru. Saya berharap agar Gubernur DKI Jakarta maupun Menteri Dalam Negeri dapat menjelaskan mengapa saya diperlakukan demikian di tempat tinggal saya yang sah.

 

Saya juga menghimbau warga masyarakat yang tidak dibolehkan memilih pada Pemilu 9 April 2009 untuk menuntut pertanggungjawaban pemerintah yang telah menzolimi haknya untuk memilih.▪

 

*) Warga Kwitang Senen Jakarta Pusat

     Alamat: Jalan Kembang Raya No. 11    

     Pemilik KTP No. 09.5301.550772.7013





__._,_.___


media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: