09 May 2009

Bls: [media-sumut] UU KPK lemah!Analis USU: Penguasa bisa suka-suka






Dari: koko
Kepada:
saleh w siregar <salehw_siregar@yahoo.com>
Terkirim: Kamis, 7 Mei, 2009 09:28:56
Topik: [media-sumut] UU KPK lemah!Analis USU: Penguasa bisa suka-suka

MEDAN - Meningkatnya status Antasari Azhar dari saksi menjadi tersangka dalam kasus terbunuhnya Nasrudin Zulkarnaen direktur PT Putra Rajawali Banjaran mulai mengalami pengembangan. Tidak lama lagi pun, karir dari ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang saat ini 'lampu kuning', segera padam. Kelemahan di UU KPK, menjadi kekuatan pihak penguasa untuk menjatuhkan karir ketua KPK tanpa proses persidangan.

Analis hukum dari Universitas Sumatera Utara (USU), Yusrin Nazief kepada Waspada Online mengatakan, jika dilihat dalam tataran hukum tata negara, ada suatu yang 'spesial' dalam UU KPK. Namun ini menjadi sisi lemah UU KPK, karena dalam pemberhentian komisionernya (pimpinan KPK), yang juga merupakan pejabat negara tidak perlu melalui proses hukum sebagaimana lazimnya.

"Jika ada pihak-pihak yang berkepentingan dan kurang senang dengan kinerja KPK, maka cukup menggiring para pimpinan KPK untuk masuk dalam jebakan permainan hukum, seperti yang dialami Antasari ini," kata Yusrin, tadi pagi.

Menurut Yusrin, jika seorang pimpinan KPK sudah terlibat dalam proses hukum, maka pimpinan KPK tersebut tidak akan bertahan lama menyandang status pimpinan. Sebab lanjutnya, jika status yang sebelumnya tersangka berubah menjadi terdakwa, maka selesailah riwayat karir pejabat negara sebagai pimpinan KPK.

Saat ini dinilai dosen hukum tata negara di USU tersebut, status Antasari menjadi 'lampu kuning' dalam karirnya "Dan tidak lama lagi 'lampu merah dan skak mat," imbuhnya.

Dalam analisisnya, Yusrin berpendapat tinggal selangkah lagi karir Antasari akan tamat dalam berpetualang di dunia penegak hukum, khususnya dalam memburu para koruptor, karena amanat dari UU KPK No. 30 Tahun 2002 sudah menetapkan demikian.

Disinggung adanya intrik politik dan kekuasaan, Yusrin juga tidak menampik, dan juga enggan berkomentar lebih jauh. "Banyak sedikitnya, mau tidak mau, itu ada dan bisa saja," tandas Yusrin.



Mulai chatting dengan teman di Yahoo! Pingbox baru sekarang!!
Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah

__._,_.___


media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: