04 June 2009

[media-sumut] Ribuan Pemilih Ganda Ditemukan di Medan




Ribuan Pemilih Ganda Ditemukan di Medan E-mail
Written by Edward   
Thursday, 04 June 2009 10:38

Kekacauan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Legislatif lalu terulang di Pemilihan Presiden (Pilpres). Di Medan, Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) menemukan lebih seribuan pemilih ganda.


"Kemungkinan bertambahnya jumlah pemilih ganda masih ada, sebab sampai hari ini petugas pengolah data di KPU masih terus bekerja," kata Komisioner KPU Medan, Rahmad Kartolo kepada wartawan di Gedung KPU Medan, Rabu (3/6).


Dikatakannya, temuan itu diperoleh setelah seluruh data yang diterima diacak dengan menggunakan teknologi komputer. Sistem DPT Tools (perangkat lunak komputer pembaca data -Red) menunjukkan adanya nama-nama yang sementara diduga merupakan pemilih ganda.


Dalam data disebutkan, adanya nama pemilih yang sama, tempat dan tanggal lahir yang sama, serta alamat yang sama, namun dalam daftar, nomor urut tidak sama. Temuan lainnya, nama, tempat dan tanggal lahir sama, namun berbeda lingkungan dan kelurahan. Ditemukan juga nama hampir sama, tempat dan tanggal lahir sama dan alamat yang sama.


"Dari data itu, dimungkinkan data tersebut dimiliki oleh orang yang sama," jelasnya.


Rahmad menambahkan, atas temuan itu, KPU Medan sudah mengintruksikan PPDP di alamat yang tertera, untuk melakukan pengecekan, dan klarifikasi untuk mengurangi kemungkinan pemilih ganda lainnya. "Jika benar temuan itu maka akan ada yang di coret dari daftar," ujarnya.


Meski demikian, kata Rahmad, temuan itu tidak mengubah DPT yang telah ditetapkan. Sebab DPT yang telah ditetapkan sudah berkekuatan hukum. "Kecuali ada instruksi dari pusat untuk klarifikasi ulang sebelum Pilpres 8 Juli mendatang," tegasnya.


Ketika ditanya kemungkinan adanya unsur kesengajaan menggelembungkan jumlah pemilih, Rahmad membantah. Dia yakin hal itu sebagai sebuah kesalahan dari ketidaktahuan petugas. Alasannya, dilihat dari bentuk-bentuk persamaan yang ada.


Lebih rinci Rahmad menyebutkan, temuan adanya pemilih ganda terdapat di 14 kecamatan, yakni Kecamatan Medan Barat, Tuntungan, Medan Area, Medan Timur, Belawan, Medan Baru, Medan Maimoon, Amplas, Marelan, Petisah, Polonia, Sunggal, Selayang dan Medan Kota dengan jumlah yang beragam.

 

EDWARD | GLOBAL | MEDAN 


--
Merdeka!!!
Tim Media Pemenangan Mega Prabowo Pro Rakyat Sumut


__._,_.___


media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: