26 August 2009

[media-sumut] PUTRI HIJAU jadi Cover TIM



Pertunjukan PUTRI HIJAU terpilih menjadi cover buku kalender acara Taman Ismail Marzuki (TIM) edisi September - Oktober 2009. PUTRI HIJAU telah menyisihkan berbagai acara kesenian yang digelar di Taman Ismail Marzuki selama bulan September - Oktober 2009. Kepastian ini diterima Teater Aron saat penerbitan buku kalender acara TIM tadi siang.

"Terpilihnya PUTRI HIJAU sebagai cover buku kalender acara TIM , karena pertunjukan dianggap berkelas yang mewakili tiga suku besar yaitu Karo, Melayu, dan Aceh," kata Daddy salah seorang kordinator TIM. "Selain itu TIM mempunyai pertimbangan sendiri di dewan redaksi sebelum memutuskan pertunjukan mana yang paling layak untuk dijadikan cover buku kalender acara."

Buku kalender acara Taman Ismail Marzuki setiap bulannya dicetak 100.000 ekslempar dan disebarkan di berbagai tempat. Penyebaran ini tidak hanya di seputaran TIM dan geleri serta komunitas kesenian. Tapi juga kampus-kampus seputaran Jakarta. Berikut pula kedutaan besar negara sahabat dan juga pusat-pusat kebudayaan asing seperti Erasmus Huis, Goethe Institut, Istituto Italiano di Cultura, Centre Culturel Francais (CCF), British Council, Japan Foundation. Sekolah-sekolah International seperti Jakarta International School (JIS), Gandhi School, dll.  

Buku acara ini ditulis dengan dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Pertunjukan PUTRI HIJAU dimuat di halaman tengah (centerfold) pada halaman 5 dan 6. Mulai besok buku kalender acara ini sudah disebarkan di berbagai tempat tersebut diatas.

"Harga tiket Teater Aron sama dengan harga tiket Teater Koma. Ada apa dengan sebetulnya dengan kelompok ini?" kata seorang pelukis top saat membaca buku kalender acara itu tadi siang. Teater Koma besutan sutradara top N. Riantiarno ini adalah kelompok teater paling produktif di Indonesia dengan jumlah penonton terbesar.

Teater Aron dan PUTRI HIJAU kini menjadi bahan perbincangan di kalangan seniman di Taman Ismail Marzuki. Belum lagi mereka menunggu momen dimana aktor senior Jose Rizal Manua kembali naik panggung setelah 5 tahun non aktif sebagai aktor.

Beberapa seniman senior dan wartawan mulai singgah di home base latihan Teater Aron di Sanggar Baru Taman Ismail Marzuki. Mereka ingin menyaksikan dari dekat proses latihan teater arahan sutradara Joey Bangun ini.

"Yang menarik adalah pertunjukan ini kini mendapat pengakuan dari sebuah komunitas kesenian terbesar di Indonesia. Konon seorang mengatakan pada saya, PUTRI HIJAU akan menjadi pertunjukan terbesar di Jakarta Oktober nanti. Dan komunitas Teater Aron akan mengukir sejarah menjadi komunitas seni yang mendapat pengakuan di negeri ini," kata Joey Bangun saat di wawancara seorang wartawan tadi sore di sebuah cafe di TIM.

"Sebetulnya yang telah diberikan menjadi beban bagi saya. Sebuah tanggung jawab maha besar kini saya emban. Namun saya yakin saya akan lolos dari ujian ini," kata Joey Bangun penuh kepastian.

"Dibalik saya ada suku Karo. Saya hadir karena Karo. Saya berkarya karena spirit Karo. Kecintaan saya pada suku yang telah memberikan nilai kearifan lokal itu yang membuat saya terbeban lagi untuk memberikan terbaik sebagai eksistensi suku saya di negeri ini."

"Saya sadar untuk pertama kali selama 41 tahun Taman Ismail Marzuki berdiri, baru pertama kali suku Karo mendapat pengakuan seni dan budayanya. Suku Karo pernah tampil di panggung itu tahun lalu dengan pertunjukan Pawang Ternalem. Tahun ini PUTRI HIJAU!"

"Panggung Graha Bhakti Budaya itu telah bermain seniman-seniman besar seperti W.S Rendra, Putu wijaya, Teguh Karya, N. Riantiarno, Arifin C. Noer, Butet Kertharadjasa, Sardono W. Kusumo, dan kini.... saya akan menjadi bagian dari mereka."

Tadi sore sebuah komunitas Aceh terbesar di Jakarta telah menghubungi pihak Teater Aron untuk pemesanan tiket pertunjukan. Mereka memastikan 100 orang Aceh sejabodetabek akan menonton pertunjukan ini. Ini membuktikan PUTRI HIJAU sudah menarik perhatian berbagai kalangan.

"Yang aku lakukan kini adalah menengadah ke atas dan tersenyum syukur. Terima kasih Tuhan, Engkau telah mewujudkan segala impian ini. Semuanya kudedikasikan kepadaMu yang senantiasa memberikan berkat tak putus-putusnya pada anakMu ini. Aku mencintaiMu..." ucap Joey Bangun tersenyum haru.


---> Untuk melihat buku acara TIM silahkan klik : www.teateraron.org   klik pada gambar untuk memperbesar.



 
Teater ARON

Jln. Swadaya V No. 38 Cempaka Baru

Jakarta Pusat 10650

Telp : +62 21 4288 1932

Email : arontainment@yahoo.com

Website : www.teateraron.org

Mailing List  : http://groups.yahoo.com/group/teater-aron/





Coba Yahoo! Mail baru yang LEBIH CEPAT. Rasakan bedanya sekarang!

__._,_.___


media sumut



Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments: